Pelatihan Mandiri | Mengenali Diri dan Perannya Sebagai Pendidik, Udah Tahu Belum?

Modul 1 – Mengenali dan Memahami Diri Sebagai Pendidik

Modul 1 terdiri atas 3 materi dan latihan pemahaman. Materi pertama Mengenali Diri dan Perannya Sebagai Pendidik, kedua Peran Saya Sebagai Guru dan ketiga Ingin Menjadi Guru Seperti Apa Saya.

Mengenali Diri dan Perannya Sebagai Pendidik

Aktivitas yang terdapat dalam materi ini yaitu menonton video tentang Mengenali Diri dan Perannya Sebagai Pendidik dan menjawab latihan pemahaman  yang terdiri dari satu soal. Selain itu ada juga cerita reflektif yang bisa kita ceritakan setelah mempelajari materi pertama ini.

Dalam deskripsi video dijelaskan bahwa sebagai Pendidik tentu sudah seharusnya mampu mengenali karakteristik dan kebutuhan murid. Akan tetapi hal yang paling mendasar juga harus dimulai dari diri sendiri yaitu mengenali kekuatan dan kelemahan diri. Video ini mengajak Ibu dan Bapak Guru merefleksikan kekuatan dan kelemahan yang kita punyai, lalu bagaimana kita dapat mengelola apa yang kita miliki tersebut untuk berperan mendidik murid-murid kita.

Simon P. Rafael, M.Pd  Mengenali dan Memahami Diri sebagai Pendidik (Mulai dari Diri). Beliau memulai video dengan mengajak kita untuk merefleksi diri dan mengenali diri untuk memahami peran sebagai pendidik berdasarkan pemikiran Ki Hadjar Dewantara. Dahulu saat memutuskan menjadi guru, apa yang ada dalam pikiran Ibu dan Bapak Guru? Mengapa memutuskan untuk menjadi pendidik? Bagaimana perjalanan perjuangan sehingga akhirnya sampai di profesi hebat ini? 

Dengan menjadi guru, hadir setiap hari untuk murid-murid, hadir untuk terus menambah kapasitas diri, misalnya melalui microlearning ini, kita telah menyadari kebutuhan untuk terus belajar secara mandiri. Apapun profesinya, kita memang harus terus belajar. Demikian juga dengan peran kita sebagai pendidik atau guru. Kita perlu terus belajar agar bisa menghantarkan murid-murid untuk berdaya dan menjadi manusia merdeka

"Manusia merdeka adalah manusia yang hidupnya bersandar pada kekuatan sendiri baik lahir maupun batin, tidak tergantung pada orang lain." - Ki Hadjar Dewantara. Agar murid-murid menjadi pribadi yang mandiri dan merdeka, penting sekali bagi mereka untuk mengenali diri, berdaya untuk menentukan tujuan dan kebutuhan belajarnya yang relevan terhadap diri dan lingkungannya.

"Pendidikan itu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia, maupun anggota masyarakat." - Ki Hadjar Dewantara. Langkah awal kita sebagai pendidik adalah bagaimana memaknai dan menghayati pribadi kita sebagai manusia yang merdeka untuk terus belajar

Murid-murid saat ini memiliki cara belajar yang sangat berbeda dengan zaman dahulu. Mereka sangat fasih dengan teknologi dan menjadikan internet sebagai salah satu sumber belajarnya. Mereka bisa dengan cepat mencari dan mengkonfirmasi pengetahuan dengan teknologi dalam genggaman mereka. Lantas, kita sebagai pendidik, apa yang perlu kita selaraskan agar bisa menjadi pendidik yang relevan dengan konteks zaman?

Murid-murid kita memang punya teknologi dalam genggam mereka. Namun mereka tetap butuh kehadiran sosok pendidik. "Pendidik itu menuntun tumbuh atau hidupnya kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar dapat memperbaiki lakunya (bukan dasarnya) hidup dan tumbuhnya kekuatan kodrat anak." - Ki Hadjar Dewantara.

Sebagi pendidik, mari kita refleksikan diri. Apa peran kita sebagai pendidik untuk dapat menuntun kekuatan kodrat dari murid-murid kita? Bagaimana kita bisa menjaga hidup dan tumbuhnya kekuatan kodrat murid-murid kita? 

Referensi: Ki Hadjar Dewantara - Ki Hadjar Dewantara (Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka). Cetakan ke 5: 2013.

Penerbit: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa bekerja sama dengan Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa 2013

Setelah menonton video, aktivitas selanjutanya adalah menjawab soal latihan pemahaman yang ada. Pilih satu jawaban yang benar, klik jawab. Jika jawaban benar maka akan berwarna hijau dan terdapat tanda ceklis. Sebaliknya, jika jawaban salah maka akan berwarna merah dan terdapat tanda silang bersamaan dengan munculnya jawaban yang benar. Terakhir cerita reflektif, kita bisa menceritakan kembali apa yang telah kita perlajari setelah menonton video tersebut. Jika sudah maka centang akan berwarna hijau dan materi pertama selesai.

Modul 1 Materi 1 Mengenali Diri dan Perannya Sebagai Pendidik

Modul 1 Materi 2 Apa Peran Saya Sebagai Guru?

Modul 1 Materi 3 Ingin Menjadi Guru Seperti Apa Saya

Modul 1 Post Test

Sumber: kemendikbud.go.id

RajaBackLink.com

Komentar